Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pasang Iklan Murah

Leylah Fernandez Pernah Bertarung Ketat Lawan Priska Madelyn Nugroho

Raket.id - Petenis muda fonomenal asal Kanada, Leylah Annie Fernandez, yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir hampir sebagian besar pecinta tenis dunia, karena penampilan impresifnya di gelaran kejuaraan tenis Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2021, ternyata pernah bertarung ketat melawan salah satu petenis putri kebanggaan Indonesia, Priska Madelyn Nugroho.

Priska Madelyn Nugroho (ketiga dari kanan) bersama tim Fed Cup Junior 2018 dan pengurus PELTI
Duel antara dua Dara itu terjadi pada putaran final junior Fed Cup World Group 2018 yang berlangsung di Budapest, Hungaria. Di ajang bertitel "2018 Junior Fed Cup by BNP Paribas Finals" itu, mereka sempat bertanding sebanyak dua kali. Pertemuan pertama Leylah Fernandez versus Priska adalah di laga terakhir penyisihan Grup C. Sedangkan bentrok kedua mereka terjadi pada partai play off perebutan ranking 7.

Pada perjumpaan pertama, Priska harus mengakui ketangguhan petenis kelahiran tahun 2002 itu dengan angka 4-6, 2-6. Akan tetapi selang beberapa hari kemudian, Priska mampu memberi perlawanan alot pada Leylah. Di pertemuan kedua, Priska takluk dengan skor 5-7, 5-7.

Pada ajang yang dihelat mulai taggal 25 hingga 30 September 2018 itu, kedua petenis remaja itu tak hanya bertemu di nomor tunggal. Priska dan Leylah juga bersua di sektor ganda. Ketika itu, Priska Madelyn Nugroho yang bertandem dengan Janice Tjen kontra Leylah Fernandez yang berpasangan dengan Jada Bui berlaga di babak penyisihan grub C.

"Pemain kita jauh bisa lebih beradaptasi dengan permainan lawan. Sayang keberuntungan belum di pihak kita." tulis Ryan Tanujoyo, kapten sekaligus pelatih Tim Fed Cup yunior Indonesia, dalam keterangan persnya yang diterima oleh ayotenis (01/10).

Kini setelah berlalu beberapa tahun, Leylah Fernandez telah menjelma menjadi kekuatan baru tenis dunia yang menakutkan. Satu per satu bintang tenis dibekuknya di ajang kejuaraan tenis profesional Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2021.

Pada babak pertama salah satu turnamen tenis terbesar di muka bumi itu, Leylah menundukkan petenis Kroasia, Ana Konjuh dalam dua set langsung, 7-6(3), 6-2. Kemudian di babak kedua, Leylah dengan perkasa melibas Kaia Kanepi dari Estonia, juga dalam dua set langsung, 7-5, 7-5.

Di babak ketiga Leylah membuat kejutan besar dengan berhasil menumbangkan unggulan ketiga sekaligus sang juara bertahan, Naomi Osaka dari Jepang. Laylah menghempaskan Naomi melalui duel sengit rubber set yang berakhir dengan skor ketat 5-7, 7-6(2), 6-4.

Kedigdayaan petenis berumur 19 tahun itu tak berhenti sampai disitu, pada babak 16 besar giliran petenis unggulan lainnya, Angelique Kerber asal Jerman yang jadi korban keganasannya. Leylah Fernandez menggasak peraih tiga gelar juara Grand Slam itu dengan angka 4-6, 7-6(5), 6-2.

Laylah belum terbendung dan meneruskan langkah impresif, di babak delapan besar ia kembali membuat kejutan dengan berhasil menjegal petenis unggulan kelima, Elina Svitolina dari Ukraina. Laylah mengakhiri perlawanan istri Gaël Monfils itu lewat pertarungan tiga set yang berkesudahan dengan skor 6-3, 3-6, 7-6(5).

Pada babak empat, Laylah harus berjibaku menghadapi lawan yang lebih tangguh, yaitu petenis unggulan kedua, Aryna Sabalenka dari Belarusia. Namun lagi-lagi, Laylah mampu menunjukkan superioritasnya di kejuaraan ini. Ia mengalahkan Aryna Sabalenka dengan skor 7-6(3), 4-6, 6-4, untuk sekaligus mengamankan tiket babak final dalam genggamannya.